Minggu, 26 Februari 2012

Goa Akbar, Pesona Goa yang Menakjubkan

Kota Tuban merupakan sebuah kota yang terletak di kawasan Pegunungan Kapur Utara. Oleh karena itu, Kota Tuban memiliki banyak obyek wisata Goa. Salah satunya adalah Goa Akbar. 
Goa Akbar merupakan sebuah Goa yang unik, penuh dengan Sejarah Religi dan Mistis. Kenapa Goa ini disebut Goa yang unik ?
Karena Goa ini terletak di dekat pusat kota. Yaitu, sebelah selatan Pasar Baru Tuban. Selain itu, jalan aksesnya pun cukup mudah. Selain itu, Goa Akbar memiliki kesan tersendiri yang sulit dijumpai di Goa-goa Lainnya. Image Goa yang terkesan Menyeramkan, tidak terpancar pada Obyek wisata ini. Malahan, kesan Sejuk, Kenyamanan dan Keindahan yang terpancar dalam Obyek wisata sulit ditemui di Goa-goa lainnya. Goa Akbar dibuka secara resmi sebagai tempat wisata pada Tahun 1998. 
Goa Akbar Memiliki segudang sejarah yang tak dapat dilupakan. Menurut legenda, Goa ini dulunya merupakan rumah Raden Mas Syahid sewaktu diusir dari rumah karena bertabiat kurang baik. Selain itu, di depan musholla juga terdapat ruang yang sangat luas yang dikenal sebagai tempat para wali menyampaikan melakukan syiar Islam ketika itu serta tempat yang dipercaya sebagai tempat pertapaan Sunan Kalijaga.

Sumber :https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEitI4DZsbvVPdZQFBi0iMvPhz3rUeD6TfWE0M1X2UUseolW16w_kAw63_wX5GFzLzhqlWHqs5L4MW0juM6fdWC_uwJ35SCkQJ6JNvULacU5K_eXAlQDc9zwoBJK4kRW7KvezF2oimTOUDo/s400/Goa+Akbar-1.jpg
 Selain terdapat tempat yang dipercaya sebagai tempat pertapaan Sunan Kalijaga, juga terdapat sumber air alami. Namun, menurut cerita, Air tersebut baru mengalir deras pada tahun 1990-an . Yaitu pada saat bupati Tuban mengadakan syukuran di dekat sumber mata air sambil membawa ayam hitam. Dan hingga kini, air itu diyakini memiliki khasiat. 
Itulah segelumit sejarah yang ada pada Goa Akbar kota Tuban. Sekarang, Mari kita membahas tentang keindahan yang ada pada Goa Akbar. Ketika anda memasuki Goa Akbar, maka akan terbesit bahwa anda seperti memasuki sebuah Surga yang ada di bawah tanah. Pesona Stalagtit dan Stalagmit dapat membuat pengunjung terkagum-kagum melihatnya. Apalagi dengan penambahan lambu-lambu yang berwarna-warni membuat Stalagtit dan Stalagmit pada Goa ini dapat terlihat dengan jelas. Lalu setelah memasuki kawasan ini lebih dalam, anda akan menemukan sebuah mata air yang berundak. Biasanya di tempat itu sering dilempari pengujung dengan koin dengan harapan membawa berkah.
Diakhir perjalanan, maka anda akan sampai di sebuah tempat yang luas, sejuk, dan di atasnya berisi ribuan kelelawar yang sedang beristirahat di Goa Tersebut. Dan jika anda ingin melakukan Sholat , di Goa Akbar tersedia sebuah musholla yang masih merupakan bagian dari Goa tersebut. Dan jika anda ingin mengambil air wudhu , maka anda akan menjumpai sebuah tempat wudhu yang masih alami dan masih menjadi satu kesatuan yang membuat air tersebut memiliki rasa yang dingin dan sejuk. 
Setelah menikmati wisata Goa Akbar, anda juga dapat melakukan wisata belanja, yaitu dengan mengunjungi kios-kios yang ada di sekitar Kompleks Goa Akbar atau di sekitar Tempat Parkir Bus Pariwisata Kabupaten Tuban.

0 komentar:

Posting Komentar