Senin, 27 Februari 2012

Goa Ngerong, Goa yang Eksotis dan Penuh Mitos

Goa Ngerong, Merupakan sebuah obyek wisata yang letaknya berada di Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban. Tepatnya  + 30 Menit perjalanan dari Pusat Kota Tuban.Goa ini dapat diakses dengan kendaraan umum atau pribadi. Sesuai namanya , Goa Ngerong merupakan Sebuh Goa yang berbentuk Goa Berair yang memiliki kedalaman 1.8 Km . Potensi nya bisa mencapai 30 km.Gua ini adalah gua air, yg harus diarungi dengan perahu karet. Pada kedalaman 1000 meter ditemui air terjun didalam gua.


Sumber : http://viivhy.files.wordpress.com/2010/10/goa-ngerong-2.jpg

Di Dalam Goa ini terdapat beberapa satwa, seperti Bulus, juga ikan Bader, kelelawar, serta ikan dengan mata yang buta.

Namun, ada banyak mitos yang beredar seputar Goa air ini. Yaitu barang siapa yang masuk ke Goa harus keluar maksimal 12 jam berikutnya dan juga tidak boleh memakan Ikan yang ada di Goa tersebut karena jika memakannya , anda akan dijangkit penyakit yang tak kunjung sembuh.


Ikan Keramat di Gua Ngerong
Sumber : http://www.pbase.com/archiaston/image/78924938

Sumber air pada Goa Ngerong berada + 5 Km ke arah dalam Goa. Pernah suatu ketika dilakukan ekspedisi oleh tim ekspedisi trans7 (dahulu masih bernama TV7). Tim susur Goa dari Trans7 itu melakukan eksepdisi menyusuri Goa untuk mengetahui seberapa jauh Goa tersebut dan dimanakah letak sumber airnya. Dengan berbekal tabung oksigen dan cahaya penerangan secukupnya, Maka tim ekspedisi tersebut sampai dinding batu yang sudah tidak bisa di lewati lagi. Ternyata,sumber air keluar lewat bawah dinding tembok tadi dan mengakiri espedisi tim tersebut.
Air yang mengalir dari Goa Ngerong sering dimanfaatkan oleh warga sebagai sarana irigasi, air untuk mandi, mencuci dan lain sebagainya. Dan jika anda ingin memberi makan ikan bader yang berada di sekitar Obyek Wisata Goa Ngerong ini, anda dapat membeli pakan Kelenteng (isi kapuk) seharga Rp. 1000,00 . Oleh karena itu, Goa Ngerong merupakan sebuah obyek wisata alami alternatif yang Indah, Eksotis, Namun Penuh akan mitos. 
Jadi tunggu apa lagi, Segera datang di Goa Ngerong dan Nikmatilah pesonanya.

0 komentar:

Posting Komentar