Minggu, 26 Februari 2012

Masjid Agung Tuban, Sejarah,dan Pesonanya yang Menabjubkan

Masjid Agung Tuban, sebuah masjid yang terletak di sebelah barat Alun-Alun Tuban ini merupakan salah satu Masjid kebanggan warga Tuban. Masjid yang berlokasi di Kelurahan Kuterejo, Kecamatan Tuban ini didirikan pada masa pemerintahan Adipati Rade Ario Tedjo ( Syeh Abdurrahman ), Bupati Tuban yang ke-7. Namun, tidak diketahui secara pasti siapa pendiri Masjid ini.


Pembangunan masjid ke 2 (renovasi pertama) dilakukan pada masa pemerintahan Bupati Raden Tumenggung Kusumodigdo.Tepatnya pada tahun 1894 M . Pendirian masjid ini merupakan hasil dari swadaya masyarakat dengan Pemda Tingkat II. Selain itu, Arsitektur Masjid ini dibuat oleh seorang Arsitek berkebangsaan Belanda, Toewan Opzichter B.O.W.H.M. Toxopeus.

Sumber : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjxKFjGKfuTIsE2K8UMAREiGWjth7uDqGcektzNdUhLTwMInfmWX4bg0U2fEsB20BHbP3Jxh13IiqLiwyDS8hjq3BI3GOJICOuhUXHqbOHI4gb0v52oY0o30Rsp7duSoudFB-zGs8bCbAA/s1600/MASJID+AGUNG+TUBAN+1900.JPG
Renovasi selanjutnya dilakukan pada tahun 1985,di mana pada renovasi kali ini, yang akan di renovasi adalah bangunan masjid yang diperluas. Renovasi masjid ini selesai pada tahun 2000.

Sumber :  https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjuuZ7sRLCCCu-ZV3WaJ6mfxIQ-yySBqzqWtRg4MCFSM7ISaAT0hE644kdj8oSBwUMhJNdAtNAgr8PCTqmb8jBZVnU9ZU7WInnN70BdyId0zMytg0nVVtdLIT3YqPVmsvn-ZebVGv3HNPc/s1600/MASJID+AGUNG+TEMPO+DULU.JPG
Kemudian, pada Tahun 2004, Renovasi kembali dilakukan. Renovasi yang ke tiga kalinya ini meliputi pengembangan 1 lantai menjadi 3 Lantai, Penambahan sayap kiri dan kanan masjid serta penambahan 6 menara masjid. Sehingga pada renovasi tahap ke 3 ini, Bangunan masjid seakan-akan disulap menjadi Istana Ala Negeri Dongeng yang identik dengan Keindahan dan Kemegahan yang ada di dalamnya. 


Obyek wisata ini sangat digemari bagi para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan di sekitar masjid, melakukan kegiatan ibadah di masjid, sampai menikmati hari dengan melihat sebuah Arsitektur Megah nan Mewah sambil menikmati tiupan angin yang akan membuat suasana di Masjid Agung Tuban menjadi lebih sejuk. Selain itu masjid ini mempunyai daya tarik tersendiri, yaitu dengan posisi atau letaknya yang berdekatan dengan Makam Sunan Bonang sehingga setelah para wisatawan berkunjung ke Makam Sunan Bonang, Para wisatawan dapat lansung mengunjungi Masjid Agung Tuban yang jaraknya tidak begitu jauh dari Makam Sunan Bonang. Namun, bagi anda para pengguna sepeda Motor wajib membawa sejumlah uang untuk biaya parkir kendaraan. Akan Tetapi, Biaya parkir kendaraan di Masjid Agung Tuban seakan tak dipikirkan lagi ketika Anda memasuki Tempat Ibadah yang Megah ini, yang akan membawa anda seakan berkunjung di Negeri Dongeng. Masjid Agung Tuban, Pesona yang Menabjubkan.

0 komentar:

Posting Komentar